Friday, May 22, 2009

Samsung ES15

Dari data spesifikasi sepertinya Samsung ES15 ini tak beda jauh dengan Samsung ES55. Malahan bisa disebut kalau kedua kamera ini identik dan hanya berbeda dari sisi desain tampilan luar dan jenis baterai yang digunakan. Meski secara fisik kamera ini tak terlalu menarik, namun saat mempertimbangkan harga yang dipatok, bisa jadi kamera ini layak dijadikan pilihan alternatif saat mencari kamera saku.

Samsung ES15

Sederhana. Itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan desain kamera ini, jika kata seadanya dianggap terlalu kasar. Bagian depan hingga belakang terlihat polos tanpa banyak hiasan. Tak ada lekukan sebagai pegangan saat mengoperasikan kamera ini dan hanya ada ruang kosong saja sebagai grip. Untungnya di bagian belakang masih ada ruang cukup luas di sela-sela jajaran tombolnya untuk meletakkan ibu jari tanpa harus 'mengganggu' tombol-tombol kendalinya.

Seperti juga Samsung ES55, ES15 menggunakan sensor 10 megapixel dan lensa yang mampu melakukan optical zoom hingga 3x. Fitur-fitur standar seperti face detection, red eye removal, voice recorder hingga beauty shot juga sudah dipasang pada kamera ini. Pengaturan dilakukan lewat tombol D-pad dan bukannya layar sentuh seperti yang mulai banyak ditawarkan produsen-produsen lain.

Samsung ES15

Untungnya, antarmuka menu cukup jelas dan mudah dimengerti sehingga tak memerlukan waktu terlalu lama untuk beradaptasi dengan kamera ini. Selain itu, pengaturan yang ditawarkan kamera ini memang tak terlalu banyak. Samsung ES15 ini memang dipasarkan pada kelas point and shoot dan membidik para pengguna yang tak mau direpotkan dengan pengaturan manual. Sebagai bonus ada fitur help yang siap membantu mereka yang menemui kesulitan mengoperasikan kamera ini.

Soal kualitas, kamera saku memang punya masalah yang sama. Performa akan lebih bagus bila digunakan pada lokasi yang cukup mendapat pencahayaan, begitu juga dengan kamera ini. Tapi untuk kamera sekelasnya, Samsung ES15 lumayan handal. Hasil bidikan cukup tajam dengan detail yang masih cukup terlihat meski pada area yang kompleks. Selama Anda menggunakan ISO di bawah 400, maka kualitas hasil bidikan masih akan terlihat bagus.

Samsung ES15

Sejauh Anda tak keberatan dengan tampilan luarnya, kamera ini masih cukup memuaskan. Yang agak disayangkan mungkin adalah penggunaan baterai AA pada kamera ini dan bukannya baterai Lithium Ion seperti pada Samsung ES55. Good Gear Guide berani memberikan rekomendasi untuk kamera yang dijual dengan harga US$120 atau sekitar Rp1.200.000 ini. Situs ini hanya mengeluhkan kualitas bahan pembuat bodi kamera ini yang terlihat sangat rentan dan cheap.

sources: kapanlagi.com

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com